Tentang YIC 2013

youth interfaith camp2

Selama tahun 2011, Perserikatan bangsa-bangsa telah melayangkan tiga surat teguran yang berbeda kepada Indonesia atas pelanggaran hak asasi manusia dan kebebasan beragama  yang terjadi di Indonesia. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Wahid Institute selama tahun 2011 telah terjadi 92 kasus pelanggaran kebebasan beragama dan berkeyakinan.

Hal diatas adalah cerminan betapa rapuhnya keadaan masyarakat kita saat dihadapkan dengan sebuah perbedaan. Kekerasan dengan sangat mudah dilakukan saat terjadi sedikit perselisihan. Rasa curiga dan tidak suka juga subur berkembang di kalangan penganut agama-agama di Indonesia.

Sebagai pemuda, terusik perasaan kami bagaimana orang bisa dengan mudahnya melakukan hal-hal seperti itu. Kami berpikir, kami tidak akan bisa melakukan kekerasan itu, kemudian kami berpikir kembali kenapa kami merasa tidak akan bisa melakukan perbuatan itu? Jawabannya adalah karena kami memiliki teman yang beragama seperti mereka. Kami tidak akan menghina agama lain karena kami ingat dengan teman kami yang beragama itu.

Bermula dari pemikiran itulah kemudian kami bermaksud untuk memberikan kesempatan kepada para pemuda untuk saling mengenal dan berteman dengan teman-teman yang berbeda agama. Terutama pemuda-pemuda yang berkeyakinan sangat kuat terhadap agamanya yang tergabung dalam sebuah organisasi agama tertentu. Untuk menghindari terjadinya fanatisme berlebihan yang dapat menimbulkan kekerasan dan pertumpahan darah.

Kami bermaksud untuk memperlihatkan kepada para pemuda bahwa masih banyak persamaan yang dimiliki diantara mereka dibandingkan dengan perbedaan yang ada. Juga membuka mata mereka bahwa walaupun agama kita berbeda, kita tetap bisa untuk menjadi berguna untuk masyarakat yang membutuhkan dalam sebuah rangkain kegiatan Interfaith Camp.

      BENTUK KEGIATAN

  • Friendship Training

Friendship Training adalah sebuah training yang mengajarkan tentang persahabatan. Termasuk di dalamnya adalah berisi kenapa kita berteman dengan orang lain yang berbeda agama, bagaimana cara berteman dengan mereka, bagaimana cara menyikapi perbedaan yang ada pada mereka. Training ini akan diselenggarakan oleh trainer-trainer yang telah mendapatkan pelatihan training bertaraf internasional. Diharapkan dari training persahabatan ini, peserta akan lebih menghargaidan menyadari persahabatan antar agama.

Trainer-trainer yang akan terlibat dalam acara ini dan juga menyusun desain training tersebut adalah:

  1. Waskito Jati (Alumni Program Training for Trainers dari YES Program International di  Accra Ghana 2011)
  2. Muhammad Ahlul Amri Buana (Alumni Training for Trainers dari YES Program International di   Washington DC 2010)
  3. Anggita Paramesti (Alumni Training for Trainers dari YES Program International di Istanbul, Turki 2010)
  4. Primi Suharmadhi Putri (Alumni Training for Trainers dari YES Program International di Istanbul, Turki 2010)

 

  • Outbound

Setelah pada hari pertama para peserta dibuka wawasan dan kesadarannya akan arti penting persahabatan, pada hari kedua ini peserta akan diberikan sebuah kegiatan yang berisi kegiatan-kegiatan dan permainan-permainan yang akan meningkatkan kerjasama diantara peserta. Outbound ini akan dipandu oleh beberapa orang trainer outbound profesional dengan permainan-permainan yang dapat mengakomodasi tujuan dari camp ini. Permainan-permainan ini juga akan disesuaikan dengan komposisi peserta yang memiliki kepercayaan yang berbeda-beda dalam hal berpakaian dan interaksi.

  • Penanaman Pohon Bersama

Isu lingkungan yang sangat krusial di zaman sekarang ini menginsprasi kami untuk mengajak peserta untuk mengesampingkan perbedaan agama mereka untuk sebuah tujuan yang penting dan ikut peduli dengan lingkungan. Oleh karena itu peserta akan diajak untuk bekerja sama dan mengaplikasikan apa yang dipelajari selama dua hari sebelumnya dalam sebuah program penanaman pohon di Desa Ngandong Turi, Sleman. Selain peserta camp, anggota Bina Antarbudaya juga akan turut serta dalam penanaman pohon kali ini.

  • Pelaksanaan

Tanggal : 25-27 Januari 2013

Tempat : Wisma Mawar Asri Kaliurang

  • Fasilitas

Tidak dipungut biaya.

Akomodasi dan Konsumsi selama 3 hari 2 malam

Transportasi dari Jogja ke Kaliurang

  • Pendaftaran

Peserta akan diseleksi dan hanya dipilih 30 peserta saja. Pesrsyaratan peserta:

– Berumur maksimal 21 tahun

– mewakili organisasi agama tertentu atau masjid, gereja, vihara, pura.

– mengisi formulir sebelum 14 Januari 2013

Cp : Waskito : 085643096709

formulir dapat didownload di https://youthinterfaithcamp.wordpress.com/download/

6 thoughts on “Tentang YIC 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s